Sugiatno Landscape

Sugiatno Landscape
Home » » Arsitek pertamanan | di lihat dari garis besar | arsitek taman jakarta

Arsitek pertamanan | di lihat dari garis besar | arsitek taman jakarta

Posted by Tukang Taman on Sunday, November 17, 2013

Sangatlah menarik bila kita hubungankan suntingan tersebut dengan beberapa pengertian dalam disiplin ilmu dan seni Arsitektur Pertamanan atau Arsitektur Lanskap. Beberapa pengertian diantaranya sebagai berikut :
  1. Taman atau Lanscape adalah wajah dan karakter lahan atau tapak bagian dari muka bumi ini dengan segala kehidupan dan apa saja yang ada didalamnya, baik yang bersifat alami maupun buatan manusia, yang merupakan bagian atau total lingkungan hidup manusia beserta makhluk hidup lainnya, sejauh mata memandang, sejauh indera kita dapat menangkap dan sejauh imajinasi kita dapat menjangkau dan membayangkan. Berbagai sub-bagian lanskap antara lain adalah kota (town-scape), jalan (street-scape), lapangan golf dan sejenisnya (lawn-scape), sungai (river-scape), atap bangunan (roof-scape), pantai dan pemandangan lautnya (sea-scape), area industri (industrial-landscape), pemukiman (residential-landscape), pedesaan (rural-landscape), daerah (regional-landscape), dan lainnya
  2. Arsitektur Pertamanan adalah bidang ilmu dan seni yang mempelajari pengaturan ruang dan massa di alam terbuka, dengan mengkomposisikan elemen-elemen lanskap alami maupun buatan manusia, beserta segenap kegiatannya, agar tercipta suatu karya lingkungan yang secara fungsional berdaya guna dan secara estetika bermutu indah, sehingga tercapai kepuasan jasmaniah dan rohaniah manusia serta makhluk hidup lain didalamnya, selaras dengan factor ruang, waktu dan geraknya.
  3. Arsitek Pertamanan atau Arsitek Lanskap adalah insan professional yang mendapat pendidikan akademis atau universiter dalam bidang ilmu dan seni arsitektur pertamanan/lanskap serta aktif dalam kegiatan perencanaan taman (landscape planning), perancangan tapak (site planning) serta perencanaan detail taman (detail landscape design)
Dari uraian diatas semakin jelaslah bahwa asas dan tujuan ilmu dan seni Arsitektur Pertamanan adalah selaras dan seirama dengan ilmu lingkungan hidup yang pada beberapa puluh tahun terakhir ini berkembang menjadi suatu bidang/disiplin ilmu yang mempunyai ruang cakup yang sangat luas.

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2014 Tukang Taman . All Rights Reserved. Powered by Website-Tukangtaman
Template by Eby Hacker on Line